kaki bengkak penyebabnya apa

Kaki Bengkak Kenali Gejala dan Penyebabnya

Kaki bengkak pernahkah Anda alami? Apa sih penyebabnya?

Nggak selalu loh, kegemukan dapat mengakibatkan kaki bengkak. Penyebab kaki bengkak cukup beragam.

Kaki bengkak bisa juga dikaitkan akibat dari duduk dalam posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama, kurang aktif bergerak, melambatnya sirkulasi darah ke kaki dan lainnya.

Bisa juga penyebabnya adalah asupan garam berlebihan, dan memakai celana ketat.

Membengkaknya area kaki ini bisa berlangsung sementara dan juga bisa merupakan gejala dari kondisi tertentu yang memerlukan penanganan lebih baik.

Secara medis, kata “bengkak” berarti menonjol atau membengkak secara tidak normal. Jadi membengkak, berarti ukurannya bertambah besar.

Kaki Bengkak Sebelah

Kaki merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi cukup berat karena bertugas menyokong bobot tubuh. Selain itu kaki juga membuat Anda dapat beraktivitas atau melakukan beragam gerakan seperti  jalan, lari, lompat, berdiri dan jinjit.

Sehingga kaki rentan mengalami bengkak, nyeri dan lainnya.

Bengkak pada lengan, kaki, pergelangan kaki dan tungkai dikenal juga dengan istilah edema.

Penyebabnya adalah terkumpulnya cairan secara berlebihan pada jaringan. Nah akibat daya gravitasi, maka kelebihan cairan tersebut akan mengalir ke tubuh bagian bawah. Itu sebabnya tungkai dan kaki juga terkena dampaknya sehingga kaki bengkak sebelah.

Pembengkakan pada kaki dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, antara lain:

  • Infeksi pada tungkai atau kaki
  • Regangan atau robeknya otot pada kaki yang terkena
  • Sumbatan pada sistem limfatik kaki
  • Kista Baker (berada pada belakang lutut)
  • Pembuluh darah vena yang terganggu
  • Vena membengkak (vena varikosis)
  • Gigitan atau sengatan binatang pada kaki
  • Cedera atau pascaoperasi
  • Sumbatan pada pembuluh vena pada kaki (deep vein thrombosis/DVT)
  • Peradangan sendi pada kaki bagian bawah

Pengobatannya akan bergantung pada penyebabnya.

Penyebab Lainnya

Cedera atau infeksi pada pergelangan kaki biasanya unilateral, namun juga bisa bilateral (kedua kaki). Seringnya sih kondisi ini hanya mengenai satu kaki namun bisa saja menyebar ke kaki sebelahnya.

Bengkak akibat cedera biasanya hanya pada titik yang mengalami cedera, misalnya akibat pergelangan kaki yang terkilir, plantar fasciitis. Contoh lainnya kulit mengalami abrasi, laserasi atau memar akan membuat kulit juga tampak bengkak dan memerah.

Nyeri biasanya disertai dengan cedera. Infeksi juga menunjukkan bengkak akibat terbentuknya nanah, sedangkan infeksi lainnya yang bisa menyerang kulit seperti selulitis juga mengakibatkan area tersebut bengkak dan terasa hangat, kulit tampak memerah. Nyeri pun dapat timbul pada area yang mengalami infeksi.

Kondisi membengkaknya kaki seringkali menjadi tanda adanya penyakit tertentu, seperti edema, kehamilan, pengobatan, cedera, penyakit jantung kongestif,gagal hati, infeksi, dan bekuan darah pada tungkai. Bisa juga penyebabnya karena kehamilan, pengobatan tertentu dan cedera.

Kondisi medis yang spesifik juga dapat memunculkan gejala-gejala unik pada kaki dan pergelangan kaki antara lain:

  • Gejala gout yang menyebabkan bengkak pada ibu jari kaki, terasa hangat, nyeri; artritis sebabkan sendi nyeri dan bengkak; atau ketidakseimbangan elektrolit (rendahnya kadar magnesium) yang menyebabkan kaki nyeri dan kram
  • Bengkak pada kedua kaki saat kehamilan bisa jadi tanda adanya preeklamsia
  • Bengkak pada salah satu kaki dan pergelangan kaki

Penanganannya Sesuai Penyebab

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara komprehensif sehingga dokter akan memberikan pengobatan atau penanganan yang sesuai dengan penyebabnya.

Terkadang untuk membantu memastikan diagnosisnya, dokter kadang memerlukan hasil penunjang radiologis seperti MRI, CT scan, rontgen, untuk melihat adanya kemungkinan kerusakan jaringan lebih lanjut.

Salah satu penanganan yang dapat Anda lakukan di rumah adalah mengangkat kaki agak lebih tinggi saat Anda berbaring.

Saat duduk lama baik saat dalam pesawat atau saat bekerja juga berpotensi sebabkan membengkaknya kaki. Cara untuk mengatasinya gerakkan kaki secara berkala atau istirahat sambil berdiri atau berjalan keliling ruangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now