hubungan asam urat dan osteoarthritis

Apa Hubungan Antara Asam Urat dan Osteoarthritis?

Anda mungkin pernah bertanya-tanya tentang hubungan asam urat dan osteoarthritis. Apakah keduanya merupakan jenis penyakit yang sama dengan gejala yang juga sama? Ketika lutut terasa sakit, bengkak dan sulit digerakkan, mungkin ini adalah ciri dari penyakit osteoarthritis (OA). Namun, kondisi ini juga bisa menjadi gejala dari asam urat. Lalu, bagaimana membedakannya? Yuk, simak ulasannya berikut. 

Osteoarthritis

Ada kemungkinan seseorang mengalami asam urat dan osteoarthritis pada saat yang bersamaan. Dua kondisi ini adalah jenis arthritis (radang sendi) yang paling umum terjadi dan dapat menyerang sendi yang sama.

OA adalah penyakit degeneratif yang secara bertahap dapat merusak tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan tulang. Penyakit ini biasanya menyerang orang tua dan lansia, namun juga bisa terjadi pada orang yang berusia lebih muda.

Kondisi ini dapat menimbulkan gejala nyeri, pembengkakan, dan kekakuan pada sendi lutut, paha, jari tangan, punggung bawah, ataupun leher. Biasanya, Anda akan kesulitan beraktivitas karena rasa nyerinya dapat berkembang menjadi parah seiring waktu.

Baca juga: Lutut Sering Sakit Saat Naik Turun Tangga? Awas Gejala Osteoarthritis

Asam Urat

Kondisi ini terjadi akibat adanya penumpukan kristal asam urat dalam darah. Asam urat secara alamiah adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin (zat alami yang berperan penting dalam mengatur pertumbuhan sel). Setelah tubuh selesai menggunakan asam urat, maka zat ini akan terbuang melalui urin. 

Namun, ada kalanya tubuh terlalu banyak menghasilkan asam urat atau mengeluarkan asam urat. Kondisi inilah yang menyebabkan asam urat menumpuk, membentuk kristal tajam dan menimbulkan sejumlah gejala. Misalnya, rasa nyeri di sendi yang terkena, peradangan, pembengkakan dan rasa panas di sekitar sendi. Asam urat juga dapat terjadi di bagian sendi tubuh manapun, seperti pergelangan kaki, lutut, jari kaki terutama sering menyerang jempol kaki. 

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut Pada Lansia? Ini Dia Caranya

Hubungan Antara Asam Urat dan Osteoarthritis

Mengutip laman Arthritis Foundation, sebuah studi yang dipublikasikan pada “Annals of the Rheumatic Diseases, mengungkapkan bahwa orang dengan asam urat yang menumpuk di persendian, terutama pada sendi kaki, lutut dan jari tangan, biasanya cenderung menderita osteoarthritis pada sendi yang sama. Peneliti juga menyebutkan bahwa kristal asam urat dapat mengaktifkan respon peradangan yang memicu kerusakan sendi akibat OA. 

Dari studi tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan asam urat dengan OA. Asam urat ternyata dapat mempengaruhi keparahan osteoarhritis melalui proses inflamasi pada persendian.

Pengobatan OA Efektif dengan Radiofrekuensi Ablasi

Radiofrekuensi ablasi (RFA) merupakan metode terkini yang dapat mengatasi kondisi nyeri kronis. Nyeri kronis biasanya berlangsung selama lebih dari 3 bulan dan tidak berkurang dengan terapi obat-obatan. 

Menurut dr. Rifalisanto, Sp.KFR, RFA adalah tindakan minimal invasif yang bekerja dengan cara mengaplikasikan medan listrik thermal melalui jarum yang dimasukkan ke dalam saraf yang dekat dengan sendi yang rusak. Dokter biasanya akan menggunakan anestesi lokal untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat prosedur dilakukan.

Kemudian dokter akan memberikan hantaran listrik pada saraf tersebut dan berlangsung sekitar 30-60 menit. Prosedur ini dapat dilakukan tidak hanya pada satu saraf, namun pada beberapa saraf di sekitar sendi.

Sebagai tindakan non-bedah, waktu tindakan juga relatif singkat, risiko komplikasi minimal, dan tanpa rawat inap. Proses penyembuhannya pun lebih cepat sehingga Anda bisa beraktivitas kembali.

Untuk berkonsultasi, Anda bisa melihat jadwal dokter dengan klik di sini. Atau bisa juga menghubungi Assistance Center Klinik Patella di nomor 021-2237-9999 dan chat melalui whatsapp ke nomor 0811 8124 2022.

Baca Juga  Apakah Olahraga Squat Berbahaya untuk Lutut?

Yuk, konsultasi sekarang!

Referensi:

Research Repository. Hubungan Kadar Asam Urat Darah Terhadap Tingkat Keparahan Osteoarthritis. 

http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12326

Arthritis Foundation. Gout and OA, What’s the Connection?

http://blog.arthritis.org/gout/osteoarthritis-gout-connection/

Rheumatology Advisor. The Complex Pathogenic Relationship Between Osteoarthritis, Gout, and Urate.

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Rifalisanto, Sp.KFR (Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi di Klinik Patella)

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now