makanan penyebab nyeri sendi

Hati-hati, Ini 5 Makanan Penyebab Nyeri Sendi Sering Kambuh

Sering merasa nyeri sendi tiba-tiba kambuh? Coba deh cek lagi makanan yang kita konsumsi ternyata bisa jadi penyebab nyeri sendi, lho. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, sebab dapat mengganggu aktivitas dan menjadi masalah kesehatan yang lebih serius. Nyeri sendi biasanya terjadi di area tangan, kaki, pinggang, ataupun lutut. 

Anda mungkin akan mengalami rasa sakit, kekakuan, atau pembengkakan di area sendi yang terkena. Penyebabnya bukan hanya dari aktivitas fisik yang berlebihan atau proses penuaan, namun bisa juga karena gaya hidup tidak sehat, seperti makanan yang kita konsumsi sehari-hari. 

Jenis Makanan yang Harus Dihindari

Tanpa sadar Anda mungkin mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan risiko nyeri sendi yang tak tertahankan. Oleh karena itu, hindari makanan berikut ini yang bisa menjadi pemicu nyeri sendi:

Makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi

Dalam studi yang berjudul: “Diet and Rheumatoid Arthritis Symptoms: Survey Results From a Rheumatoid Arthritis Registry,” mengungkapkan bahwa konsumsi gula berlebihan dapat memperburuk kondisi radang sendi. 

Berbagai makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi, seperti kue kering, donat, bolu, minuman bersoda, atau jus dalam kemasan dapat memicu nyeri sendi yang Anda alami. Sehingga, Anda perlu membatasi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh dan mulailah konsumsi makanan rendah gula. 

Daging merah dan daging olahan

Daging merah dan daging olahan dapat memperburuk kondisi nyeri sendi. Jenis makanan ini juga bisa meningkatkan risiko peradangan di area sendi. Untuk itu, batasi asupan daging merah dan daging olahan agar Anda terhindar dari radang sendi yang parah. 

Makanan siap saji

Makanan lain yang bisa memicu nyeri sendi yaitu makanan cepat saji. Jenis makanan ini biasanya mengandung daging olahan, tambahan gula dan garam, zat pengawet, MSG, dan bahan lainnya yang dapat menimbulkan risiko peradangan pada sendi. 

Makanan yang mengandung tinggi garam

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi radang sendi yaitu dengan mengurangi asupan garam dalam tubuh. Rasa sakit pada persendian bisa lebih parah jika Anda mengonsumsi banyak makanan tinggi garam. Mulailah hindari makanan kaleng, pizza, keju,daging olahan, makanan siap saji dan makanan olahan lainnya. 

Makanan Berlemak

Untuk menghindari nyeri sendi yang tak tertahankan, sebaiknya hindari makanan tinggi lemak. Lemak trans yang ada pada beberapa makanan dapat memicu peradangan pada sendi, seperti susu, nugget, sosis, bakso, dan aneka jenis gorengan. 

Mulailah untuk mengonsumsi lemak baik, seperti pada alpukat dan kacang-kacangan. 

Nah, itulah 5 jenis makanan sebaiknya Anda hindari untuk mencegah nyeri sendi yang memburuk. Jika rasa sakitnya tak tertahankan dan berlangsung cukup lama, sebaiknya periksakan diri ke Klinik Patella untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan penyakit secara tepat. 

Baca juga: Awas, Usia Muda Juga Bisa Terkena Nyeri Sendi!

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Rifalisanto, Sp.KFR (Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik di Klinik Patella)

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00