foto rontgen lutut

Foto Rontgen Adalah Pemeriksaan Penunjang Medis

Foto Rontgen adalah pemeriksaan yang  menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik atau sinar-X untuk menampilkan foto bagian dalam tubuh. Tujuannya, selain untuk mendeteksi masalah kesehatan, juga sebagai prosedur penunjang dalam tindakan medis tertentu.

Pada foto Rontgen, gambaran dari benda padat, seperti tulang, penampilannya akan tampak sebagai area berwarna putih. Sedangkan, udara pada paru-paru akan  berwarna hitam dan gambaran dari lemak atau otot terlihat berwarna abu-abu.

Dalam beberapa jenis pemeriksaan ini, akan menggunakan zat pewarna (kontras) yang akan masuk ke dalam tubuh melalui meminumnya atau menyuntikkannya. Pemberian zat  ini bertujuan agar gambar  atau foto dapat terlihat  lebih jelas dan detail. Prosedur pemeriksaan ini hanya  dilakukan oleh dokter atau petugas radiologi yang sudah terlatih di rumah sakit.

Pemeriksaan ini  bertujuan untuk melihat kondisi bagian dalam tubuh, seperti tulang, sendi, dan organ dalam. Ada beberapa  kondisi dan penyakit yang hanya bisa  deteksi dengan pemeriksaan ini, misalnya,  patah tulang, osteoporosis, gangguan pencernaan, pembengkakan jantung, dan lainnya.

Jenis pemeriksaan yang menggunakan sinar X

Radiografi sinar-X

Gunanya  untuk mendeteksi patah tulang, tumor, pneumonia, gangguan pada gigi, dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. 

Mammografi

Gunanya untuk  memeriksa dan mendeteksi berbagai kelainan pada payudara, yaitu  tumbuhnya sel kanker, tumor, atau terjadi penumpukan kalsium.

CT scan 

CT scan dengan  menggabungkan  sinar-X dengan sistem komputer untuk menghasilkan gambaran kondisi dalam tubuh dari berbagai sudut dan potongan. Tujuannya, untuk mendeteksi berbagai masalah kesehatan, seperti batu ginjal.

Fluoroskopi

Fungsinya  untuk mengamati kondisi organ tubuh secara real time dengan cara menghasilkan gambaran bersekuel mirip video. Selain mendeteksi berbagai masalah kesehatan, pemeriksaan ini juga bisa untuk  menunjang prosedur medis tertentu, seperti pemasangan ring jantung.

Baca Juga  Salahkah Berolahraga Saat Alami Nyeri Lutut?
Terapi radiasi

Terapi radiasi bertujuan  untuk pengobatan kanker dengan cara merusak DNA tumor dan sel kanker.

Hal yang perlu diperhatikan

Apabila sedang hamil, infokan kepada dokter lebih dulu karena sebenarnya prosedur ini biasanya tidak dokter rekomendasikan pada wanita hamil kecuali untuk tindakan darurat. Sebelum melakukan pemeriksaan ini,  umumnya tidak ada persiapan khusus. Tapi jika pada pemeriksaan pasien perlu menggunakan zat kontras maka dokter akan meminta pasien untuk puasa dan berhenti konsumsi obat tertentu.

Jika pemeriksaan ini untuk saluran pencernaan, pasien juga bisa akan dokter minta untuk mengonsumsi obat pencahar agar gambaran usus terlihat bersih dari kotoran.

Pasien akan dipandu untuk melakukan beberapa prosedur sebelum melakukan pemeriksaan. Prosedur pemeriksaan hanya akan berlangsung selama 1 jam atau bisa juga lebih.

Setelah selesai, pasien bisa langsung pulang setelah hasil keluar atau bisa juga perlu istirahat lebih dulu sambil menunggu hasil bergantung pada kondisi pasien.

Risiko komplikasi

Umumnya tidak menimbulkan komplikasi. Walaupun sebenarnya radiasi bisa  berisiko memicu pertumbuhan sel kanker. Namun,  paparan radiasi dari foto Rontgen terbilang sangat kecil dan cukup  aman.

Tapi, risiko  komplikasi mungkin bisa terjadi jika pemeriksaan ini menggunakan zat kontras, khususnya  yang pemberian melalui suntikan.  Komplikasi bisa berupa munculnya reaksi alergi atau area yang disuntik terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan.

 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now