Meniskus Lutut - Patella

Cedera Meniskus Sebabkan Lutut Terasa Kaku Saat Diluruskan

Tahukah Anda jika gerakan memutar secara tiba-tiba saat berolahraga bisa menyebabkan cedera pada lutut? Salah satu risiko cedera yang sering terjadi akibat hal tersebut yaitu meniskus robek. Meniskus robek adalah salah satu masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang aktif secara fisik, seperti atlet ataupun para penggemar olahraga.

Apa Itu Meniskus Lutut?

Meniskus adalah dua potong tulang rawan yang terletak di dalam lutut, di antara tulang paha (femur) dan tulang kering (tibia). Fungsinya yaitu sebagai bantalan dan penyerap kejut untuk lutut serta memberikan stabilitas pada sendi. 

Penyebab Cedera Meniskus

Meniskus Lutut Robek - Patella

Cedera robekan meniskus umumnya terjadi saat seseorang melakukan gerakan tiba-tiba dengan tekanan berlebih pada lutut. Beberapa penyebab umum lainnya termasuk:

  • Cedera Olahraga: Aktivitas olahraga seperti sepak bola, basket, tenis, dan ski seringkali melibatkan berbagai gerakan secara tiba-tiba yang dapat berisiko sebabkan cedera.
  • Berputar Mendadak: Gerakan berputar atau menekuk lutut secara mendadak dapat memicu robekan meniskus, terutama jika lutut berada dalam posisi tertekuk.
  • Proses Penuaan: Seiring bertambahnya usia, meniskus dapat mengalami degenerasi atau melemah, membuatnya lebih rentan terhadap robekan bahkan dengan gerakan yang lebih ringan.
  • Trauma Lutut: Cedera lain pada lutut, seperti patah tulang atau cedera ligamen, juga dapat berkontribusi terhadap risiko robekan meniskus.

Seperti Apa Gejalanya? 

Gejala robekan meniskus dapat bervariasi dari ringan hingga parah. Beberapa gejala yang umum terjadi meliputi:

  • Nyeri: Lutut terasa sakit, terutama saat menekuk atau menggerakkan lutut.
  • Pembengkakan: Lutut yang membengkak akibat peradangan yang terjadi setelah robekan.
  • Keterbatasan Gerak: Kesulitan untuk menekuk atau meluruskan lutut sepenuhnya karena terasa kaku dan nyeri.
  • Krepitasi: Bunyi gemeretak atau krek di dalam lutut saat menggerakkannya.

Diagnosis dan Pengobatan

Jika Anda mengalami cedera meniskus, diagnosis yang tepat sangat penting. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik, serta meminta pemeriksaan gambar seperti MRI untuk melihat gambaran yang lebih jelas tentang kondisi meniskus dan kerusakannya.

Pengobatan cedera meniskus tergantung pada ukuran dan lokasi robekan pada meniskus. Jika robekan kecil, mungkin akan sembuh tanpa operasi. Dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) seperti ibuprofen atau aspirin untuk meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan. Selama beberapa hari setelah cedera, Anda juga harus mengikuti protokol RICE (istirahat, es, kompresi, elevasi).

Untuk robekan meniscus yang lebih parah, mungkin tidak akan sembuh dengan sendirinya. Jika cedera Anda tidak membaik dengan istirahat, penggunaan NSAID, dan terapi fisik, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi artroskopi.

Pilihan terakhir untuk menangani robekan adalah  dengan tindakan operasi. Operasi adalah cara yang sangat efektif untuk memperbaiki robekan. Jika robekan terlalu besar untuk diperbaiki, dokter bedah mungkin akan mengangkat seluruh atau sebagian dari meniscus. Setelah pemulihan, lutut Anda akan lebih stabil, dan risiko mengembangkan masalah lutut tambahan akan berkurang.

Sebenarnya, Anda dapat mencegahnya dengan melakukan beberapa langkah, seperti pemanasan yang baik sebelum berolahraga, teknik yang benar saat melakukan gerakan-gerakan fisik, serta menjaga kekuatan dan fleksibilitas otot di sekitar lutut.

Cedera meniskus memang bisa sangat mengganggu dan membatasi aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala nyeri yang berkepanjangan pada lutut setelah cedera, segeralah berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella. Dokter akan memberikan diagnosis dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi nyeri pada lutut Anda. 

Silakan hubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022

Semoga bermanfaat!

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Meniskus Robek?

Meniskus robek adalah salah satu masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang aktif secara fisik, seperti atlet ataupun para penggemar olahraga.

Apa Penyebab Cedera Meniskus?

Beberapa penyebabnya diantara lain: 1. Cedera akibat olahraga 2. Gerakan berputar secara mendadak 3. Proses penuaan 4. Trauma lutut

Bagaimana Pengobatan Cedera Meniskus?

Pengobatan cedera meniskus tergantung pada ukuran dan lokasi robekan pada meniskus. Jika robekan kecil, Dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) seperti ibuprofen atau aspirin. Selama beberapa hari setelah cedera, Anda juga harus mengikuti protokol RICE (istirahat, es, kompresi, elevasi).

Baca juga: Awas, Bursitis Bisa Sebabkan Lutut Nyeri dan Bengkak!

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00