Cedera Jari Kaki, Kenali ragam penyebabnya

Cedera Jari Kaki, Kenali Ragam Penyebabnya

Cedera jari kaki ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, misalnya  cedera olahraga, benturan pada kaki, atau memakai sepatu yang tidak pas ukurannya.

Jika kamu  seorang atlet, maka risiko mengalami cedera jari kaki tentu lebih tinggi daripada orang lain. Hal ini karena atlet menempatkan tekanan tinggi pada bagian kaki.

Penyebab Cedera Jari Kaki

1. Jari kaki patah

Bisa terjadi saat tanpa sengaja menjatuhkan sesuatu pada kaki atau karena tersandung. Jika hanya mengalami retakan kecil, bisa mengatasinya dengan mengikatnya ke jari kaki lain hingga sembuh. Namun, jika retakannya besar mungkin perlu menggunakan gips atau bidai.

Gejalanya bisa berupa nyeri, bengkak, atau alami perubahan warna pada area tulang yang patah. Dalam kasus yang lebih parah, penderita mungkin menemukan tulang yang menonjol atau kelainan pada bentuk kaki.

2. Hammertoe

Merupakan  suatu kelainan yang terjadi pada jari kaki yang  mempengaruhi jari kaki kedua, ketiga, keempat, atau kelima.

Saat mengalami kondisi ini, jari kaki akan menekuk dan mengalami penekanan yang berlebih saat menggunakan sepatu atau beraktivitas yang menggunakan kaki.

Biasanya, saat mengalami kondisi ini, sulit bagi penderita untuk menemukan sepatu yang nyaman untuk ia gunakan Belum lagi, jemari mungkin akan mengalami kapalan karena gesekan terhadap sepatu.

Bahkan, beberapa kasus dari kondisi ini bisa menimbulkan cedera dan membuat penderita alami  kemerahan atau peradangan pada area kakinya.

3. Toe Turf

Merepukan kondisi keseleo pada ligamen sekitar sendi jempol kaki. Hal ini bisa terjadi jika menekuk paksa jempol. Biasanya terjadi pada orang yang menggunakan sepatu ringan tetapi fleksibel. Namun, bukan hanya itu saja, tapi juga terjadi pada orang  yang sering melakukan gerakan mengulang pada ibu jari seperti penari berisiko alami ini.

Gejalanya bisa berupa  sakit dan nyeri pada sendi jempol. Biasanya, dokter akan menyarankan melakukan  rontgen untuk memastikan tidak adanya patah tulang.

4. Bunion

Kelainan bentuk pada jempol kaki yang menyebabkan ibu jari mendorong jari-jari  lainnya, menyebabkan sendi pada jempol  memerah dan mengalami peradangan.

Gejalanya bisa berupa  ngilu dan sakit pada jempol yang akan semakin parah saat sedang mengenakan sepatu yang sempit.

Semakin ibu jari mendorong jari-jari kaki lainnya, semakin buruk gejala yang penderita alami. Jika mengalami gejala yang ringan, cukup berhenti memakai sepatu yang tidak pas dan letakkan es pada kaki.

Tapi jika bunion sudah cukup parah, mungkin kondisi ini perlu mendapatkan penanganan berupa operasi pembedahan.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00