cara mengobati lutut sakit saat menyetir mobil

Cara Mengobati Lutut Sakit Saat Menyetir Mobil dan Cara Mencegahnya

Cara mengobati lutut sakit saat menyetir mobil bagaimana ya? Cara-caranya perlu Anda ketahui agar Anda nyaman saat melakukan perjalanan dengan berkendara.

Apalagi Anda berencana untuk mudik pada hari raya nanti. Berarti pahami dengan baik cara mengobati lutut sakit saat menyetir mobil. Tapi ingat, pantau dulu imbauan pemerintah nanti, mengenai boleh tidaknya mudik nanti.

Posisi Duduk Lama

Duduk di belakang kemudi dalam waktu cukup lama bisa memiliki dampak tertentu pada bagian-bagian tertentu, bisa ke tulang belakang, leher bahkan lutut.

Apalagi mengemudi Anda lakukan dalam posisi atau postur yang sama berulang kali sehingga juga memicu kelelahan dan sakit pada tempurung lutut.

Seiring berjalannya waktu, tulang rawan yang ada dalam struktur lutut dapat rusak dan memicu peradangan seperti osteoartritis atau pengapuran.

Untuk Anda yang sering mengemudi jarak jauh apalagi seringkali mengalami kemacetan lalu lintas, tentu lutut sakit bisa mengganggu kenyamanan dalam perjalanan Anda.

Kira-kira bagaimana cara mengobati lutut sakit saat menyetir mobil ini perlu Anda ketahui agar perjalanan Anda menjadi nyaman tanpa nyeri pada lutut.

Cara Mengobati Lutut Sakit Saat Menyetir Mobil

Yang paling membantu adalah pastikan lutut dalam posisi sedikit menekuk minilan 20-30 derajat. Kalau kedua kaki terlalu lurus justru dapat berpotensi menyebabkan lutut nyeri.

Kedua kaki perlu relaks dengan tumit menempel pada bagian bawah sehingga nyaman saat menekan pedal.

Cara mengobati lutut sakit saat menyetir mobil adalah dengan menyesuaikan tempat sedemikian rupa guna mencegah nyeri sendi.

Duduk dalam posisi yang canggung selama perjalanan jauh, tanpa Anda sadari tubuh dapat menyerap getaran kendaraan.

Duduk Menyetir Perlu Nilai Ergonomis Juga

Dalam istilah ortopedi, ergonomi berarti sebuah lingkungan yang perlu Anda sesuaikan dengan kondisi tubuh sehingga memungkinkan anda bekerja atau berfungsi hingga optimal tanpa disertai dengan risiko mengalami gangguan musculoskeletal.

Ergonomis ini membantu Anda loh dalam berbagai hal. Seperti membantu agar terhindar dari stres, ketegangan otot, cedera akibat penggunaan otot yang berlebihan saat bekerja, berdiri atau duduk dalam posisi atau postur tubuh yang tidak baik.

Sesuai dengan tubuh Anda dan memungkinkan Anda berfungsi pada kapasitas maksimum tanpa risiko gangguan muskuloskeletal. Ilmu ergonomis membantu Anda menghindari stres, ketegangan, dan cedera akibat penggunaan yang berlebihan akibat bekerja, berdiri, atau duduk dalam posisi yang canggung.

University of California San Diego mencantumkan beberapa faktor risiko ergonomis yang mungkin Anda lakukan saat bekerja yang berpotensi nyeri, seperti membungkuk, mengangkat/mendorong/menarik beban berat, gerakan berulang, postur statis, kurangnya istirahat, dan getaran.

Getaran yang dimaksud bisa berasal dari mesin yang Anda operasikan atau mobil saat Anda harus berkendara dalam waktu lama.

Pegal dan nyeri otot juga bisa muncul akibat duduk terlalu lama bila duduk dengan posisi yang salah atau tulang belakang tidak tertopang dengan baik.

Cara mengobati lutut sakit saat menyetir mobil salah satunya adalah Anda perlu memastikan posisi duduk senyaman mungkin. Sesuaikan jarak antara kursi dan kemudi, kemudian posisi paha juga sedikit selonjor.

Cegah Lutut Sakit Saat Menyetir dengan cara:

  • – Atur posisi lutut dan pinggul sejajar sehingga membentuk garis lurus atau posisi pinggul sedikit lebih tinggi lutut.
  • – Sesuaikan tinggi kursi sehingga Anda dapat melihat ke luar melalui kaca depan tanpa menundukkan atau memiringkan kepala.
  • – Mengatur kursi agar kaki nyaman untuk menekan rem, pedal gas, dan kopling tetapi jangan terlalu dekat karena berisiko sebabkan lutut nyeri jika berkendara jarak jauh.
  • – Jangan lupa atur sandaran kursi dan sesuaikan dengan penyangga pinggang guna menghindari nyeri punggung bawah atau pinggang.
  • – Hindari duduk dengan sudut 90 derajat
  • – Duduk dengan posisi paha bersandar secara menyeluruh di atas kursi agar lutut tidak menegang yang memicu nyeri nantinya
  • – Sesuaikan sandaran kepala untuk menopang bagian tengah kepala sehingga tersangga dengan baik.
  • – Sesuaikan tinggi setir atau kemudi agar siku juga nyaman. Posisi siku yang terlalu tertekuk bisa membuatnya kaku.
  • – Posisi lengan yang terlalu memanjang saat memegang kemudi juga bisa menyebabkan otot leher dan bahu menegang.

Perlunya Menjaga Posisi Lutut

Jika lutut lebih tinggi dari pinggul, maka beban tubuh sebagian besar tertumpu pada panggul dan pinggang.

Dengan menjaga sudut kaki pada 90 derajat maka sebagian beban tubuh akan terdistribusikan ke tungkai bawah atau kaki.

Kebanyakan jok mobil kini dapat disesuaikan dengan menurunkan bagian depan jok untuk membantu menjaga jarak lutut dari perut.

Cara Mengobati Lutut Sakit Saat Menyetir atau Pencegahannya

Duduk diam untuk waktu yang lama saat bepergian bisa memicu sakit lutut yang tentu menyulitkan dan tak nyaman.

Duduk dalam waktu lama dalam mobil atau pesawat sering kali dapat berisiko memperburuk lutut kaku dan/atau lutut sakit terutama pada Anda yang mengalami pengapuran lutut atau nyeri lutut (runner’s knee).

Untungnya, ada cara-cara untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan ini.

Dengan pesawat atau kereta

  1. Berdiri secara berkala dan berjalan-jalan sekitar kabin pesawat atau kereta untuk membantu meredakan lutut kaku lutut nyeri akibat kelamaan duduk.
  2. Lakukan peregangan dengan meluruskan kaki
  3. Jika memungkinkan pilih kursi pada aisle (lorong) bukan dekat jendela agar memudahkan Anda berdiri melakukan peregangan.

Dengan mobil

  1. Anda bisa mengubah posisi duduk dengan lebih banyak cara dan lebih leluasa.
  2. Sering berhenti bila Anda melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh. Manfaatkan momen di rest area untuk meregangkan kaki setelah lama lutut tertekuk. Memang hal ini bisa memperlambat waktu tetapi lutut terbebas dari nyeri.

Selain itu, Anda bisa menggunakan deker lutut untuk menstabilkan tempurung lutut sehingga bermanfaat membantu mengurangi sendi lutut terasa sakit.

Jangan lupa selalu meluangkan waktu Anda untuk berolahraga secara teratur. Latihan-latihan yang mana sesuai dengan kondisi Anda, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Dokter akan menyusunkan program latihan atau gerakan tertentu untuk membuat sendi lutut menjadi lebih stabil.

Sebaiknya mulai program olahraga ini beberapa bulan sebelum Anda melakukan perjalanan jarak jauh.

Konsultasikan dengan dokter mengenai keluhan lutut nyeri, lutut bengkak, dan lainnya agar mendapatkan terapi terkini tanpa operasi. Dengan terapi seperti PRP, injeksi asam hialuronat (viscosuplementasi), radiofrekuensi ablasi, atau injeksi steroid dapat membuat perjalanan Anda menjadi nyaman tanpa nyeri lutut.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now