Cara Mengatasi Nyeri Lutut

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut Pada Lansia? Ini Dia Caranya

Cara mengatasi nyeri lutut ada beragam, mulai dari perawatan rumah hingga medis yang lebih serius. Nyeri lutut bisa dialami oleh siapa saja, dari usia muda hingga tua karena beberapa faktor yang memicunya. Namun, nyeri lutut paling sering menyerang orang-orang berusia lanjut.

Keluhan nyeri lutut pada lansia seringnya membuat gerak dan aktivitas menjadi terhambat. Nah, ada beberapa cara  untuk mengatasi nyeri lutut yang bisa dilakukan di rumah.

Cara Mengatasi Nyeri Lutut Pada Lansia di Rumah

1. Aktivitas fisik ringan

Mengutip dari laman Medical News Today, olahraga bisa membantu menunda perkembangan penyakit osteoartritis (OA). OA menjadi penyebab tersering nyeri lutut pada lansia.

OA adalah suatu penyakit kronis yang mengenai sendi dan tulang sekitar sendi. Kondisi ini istilah lainnya adalah pengapuran sendi karena kelainan utama pada osteoarthritis (OA) ini adalah kerusakan tulang rawan sendi.

Berdasarkan The American College of Rheumatology dan the Arthritis Foundation mendorong orang-orang untuk berolahraga untuk mencegah terjadinya OA. Khususnya bagi para lansia, bisa melakukan gerakan olahraga sederhana, misalnya jalan kaki, berenang, naik sepeda , atau yoga.

Latihan fisikj ini juga dapat membantu menjaga jaringan tulang rawan, baik pada penderita OA atau bukan. Latihan fisik secara rutin akan membantu memperkuat sendi-sendi lutut.

2. Menjaga berat badan ideal

Untuk mencegah terjadinya nyeri lutut pada lansia, menjaga berat badan ideal perlu dilakukan. Lansia dengan berat badan yang berlebihan, nyatanya tidak hanya bisa mempercepat kerusakan sendi, tapi juga bisa meningkatkan risiko OA yang menjadi penyebab nyeri lutut.

Nah, makanan yang memiliki nutrisi seimbang akan membantu memelihara berat badan. Konsumsilah makanan dengan tinggi serat, misalnya buah dan sayuran. Batasi  makanan yang berlemak, seperti daging, dan produk hewani lainnya secara berlebihan.

Baca Juga: Osteoarthritis lutut Penyebab Nyeri dan Sulit Bergerak

3.  Mengompres dengan es

Mengompres dengan bantuan es bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Caranya dengan membungkus es menggunakan kain atau handuk. Tempelkan pada bagian yang sakit selama kurang lebih 20 menit. Lakukan beberapa kali.

Yang harus kamu perhatikan adalah jangan letakkan es langsung pada kulit karena dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

4.  Istirahat yang cukup

Jika nyeri lutut pada lansia akibat terjatuh atau keseleo, sebaiknya istirahatkan kaki yang cedera lebih dulu. Beristirahat bisa membantu mengurangi risiko cedera lebih parah dan memberi waktu pada jaringan untuk pulih. Tapi, sebaiknya jangan lupa untuk memeriksakan kondisi ke dokter ya.

5. Mengonsumsi obat antinyeri

Mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid dan obat lain bisa membantu meringankan nyeri lutut akibat artritis, sesuai dengan resep dokter.

Itulah beberapa cara mengatasi nyeri lutut pada lansia. Jika keluhan masih berlanjut atau bahkan semakin parah, segera  memeriksakan kondisi  kepada dokter.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00