cara berlari yang benar - Patella

Cara Berlari yang Benar Agar Terhindar dari Cedera

Cara berlari yang benar dapat menghindari Anda dari risiko terkena cedera. Berlari memang merupakan salah satu olahraga populer yang dapat meningkatkan kebugaran fisik, kesehatan jantung, dan kesejahteraan secara keseluruhan. Namun, tanpa pengetahuan dan teknik yang tepat, berlari juga dapat menyebabkan cedera. 

Tips Berlari

Untuk membantu berlari tanpa risiko cedera, berikut ini adalah 5 tips berlari yang benar yang perlu Anda perhatikan.

1. Pemanasan yang Tepat

cara berlari yang benar - Patella

Sebelum memulai sesi berlari, penting untuk melakukan pemanasan yang tepat. Pemanasan akan membantu mempersiapkan tubuh Anda secara fisik dan mental. Lakukan gerakan pemanasan seperti stretching ringan untuk menghangatkan otot-otot dan sendi-sendi Anda. Ini akan meningkatkan aliran darah ke otot-otot dan mengurangi risiko cedera seperti kram otot atau terkilir.

2. Pilih Sepatu yang Tepat

Sepatu yang sesuai adalah elemen penting dalam berlari yang aman dan nyaman. Pastikan Anda memilih sepatu lari yang dirancang khusus untuk menyerap kejutan saat kaki Anda menyentuh tanah. Sebaiknya pergilah ke toko olahraga yang khusus menjual sepatu lari dan mintalah bantuan ahli untuk memilih sepatu yang cocok dengan jenis kaki dan gaya berlari Anda.

3. Perhatikan Postur Tubuh

Memiliki postur tubuh yang benar saat berlari sangat penting untuk menghindari cedera. Pertahankan tubuh tegak dengan kepala terangkat, bahu rileks, dan pandangan lurus ke depan. Pastikan lengan Anda berayun secara alami dan hindari membawa lengan Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jangan lupa untuk menjaga pernapasan yang teratur dan dalam.

4. Tingkatkan Intensitas Berlari Secara Bertahap

Meningkatkan intensitas atau jarak lari secara tiba-tiba dapat meningkatkan risiko cedera. Untuk menghindari hal ini, tambahkan jarak atau intensitas secara perlahan dari waktu ke waktu. Prinsip umum adalah tidak meningkatkan lebih dari 10% jarak atau intensitas dalam seminggu. Hal ini akan memberikan waktu bagi tubuh untuk beradaptasi dan mencegah cedera berlebihan.

5. Lakukan Peregangan Setelah Berlari

Setelah selesai berlari, penting untuk melakukan peregangan untuk membantu mengurangi kekakuan otot dan memulihkan tubuh. Fokuskan peregangan pada otot-otot yang paling terlibat dalam berlari, seperti paha, betis, pinggul, dan punggung bawah. Tahan setiap gerakan peregangan selama 15-30 detik dan jangan lupa bernapas secara teratur.

Berlari adalah aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran fisik, namun perlu diingat bahwa cedera dapat terjadi jika tidak dilakukan dengan benar. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat berlari dengan aman dan meminimalkan risiko cedera. Selalu dengarkan tubuh Anda, beri istirahat yang cukup, dan konsultasikan dengan dokter atau pelatih jika Anda mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan yang berkepanjangan. Nikmati setiap langkah berlari Anda dan jadikan berlari sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Bagaimana Tips Berlari yang Baik?

Berikut tips yang perlu diperhatikan: 1. Pemanasan yang tepat 2. Pemilihan sepatu 3. Perhatikan postur tubuh 4. Meningkatkan intensitas berlari secara bertahap 5. Lakukan peregangan setelah berlari

Kenapa Pemanasan Harus Dilakukan Sebelum Berlari?

Karena pemanasan akan membantu mempersiapkan tubuh secara fisik dan mental. Lakukan gerakan pemanasan seperti stretching ringan untuk menghangatkan otot-otot dan sendi-sendi. Ini akan meningkatkan aliran darah ke otot-otot dan mengurangi risiko cedera seperti kram otot atau terkilir.

Kenapa Peregangan Setelah Berlari Sangat Penting?

Setelah selesai berlari, penting untuk melakukan peregangan untuk membantu mengurangi kekakuan otot dan memulihkan tubuh. Fokuskan peregangan pada otot-otot yang paling terlibat dalam berlari, seperti paha, betis, pinggul, dan punggung bawah. Tahan setiap gerakan peregangan selama 15-30 detik dan jangan lupa bernapas secara teratur.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00