Bursitis Lutut Nyeri - Patella

Awas, Bursitis Bisa Sebabkan Lutut Nyeri dan Bengkak!

Anda merasakan nyeri di lutut yang disertai dengan pembengkakan? Waspada ya, bisa jadi itu tanda bursitis. Bursitis merupakan kondisi yang terjadi ketika bursa mengalami peradangan. Bursa yaitu kantung kecil berisi cairan yang berfungsi sebagai bantalan antara tulang, tendon, otot, dan jaringan lunak lainnya di tubuh. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada persendian yang sering digunakan dan rentan terhadap tekanan atau gerakan berulang. 

Bursitis dapat menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan pembengkakan di sekitar area yang terkena. Penanganan yang tepat sangat penting untuk mengurangi rasa sakit dan mengembalikan fungsi lutut agar aktivitas bisa kembali normal. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Apa Penyebab Bursitis?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bursitis, yaitu:

  • Cedera atau Trauma Berulang: Aktivitas yang melibatkan gerakan berulang pada satu persendian dapat menyebabkan iritasi pada bursa, seperti pada olahraga tertentu atau pekerjaan yang memerlukan gerakan repetitif.
  • Tekanan Berlebihan: Tekanan yang berlebihan pada persendian, seperti berdiri atau duduk dalam posisi yang tidak nyaman dalam waktu yang lama, dapat memicu peradangan bursa.
  • Infeksi: Infeksi bakteri atau virus dapat menginfeksi bursa, menyebabkan peradangan yang lebih serius.
  • Penyakit Tertentu: Kondisi medis seperti arthritis, lupus, atau gangguan inflamasi lainnya dapat meningkatkan risiko terjadinya bursitis.
  • Usia: Penuaan dapat menyebabkan penurunan elastisitas jaringan tubuh, termasuk bursa, yang membuatnya lebih rentan terhadap peradangan.

Seperti Apa Gejalanya?

  • Rasa Sakit: Rasa sakit merupakan gejala utama bursitis. Rasa sakit ini dapat terasa tajam atau nyeri dan umumnya terlokalisasi di sekitar area yang terkena bursitis.
  • Pembengkakan: Bursitis bisa menyebabkan pembengkakan di area yang terkena, yang dapat membuat persendian terasa kaku atau tidak nyaman.
  • Kemerahan: Kulit di sekitar area yang terkena bursitis dapat terlihat kemerahan dan terasa hangat saat disentuh.
  • Terbatasnya Gerakan: Karena peradangan dan rasa sakit, Anda mungkin mengalami keterbatasan gerakan pada persendian yang terkena.
Baca Juga  Penyebab Benjolan Tulang Jempol Kaki atau Bunion

Bagaimana Mengelola Gejala Bursitis? 

Berbagai cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala nyeri bursitis. Jika kondisi semakin memburuk sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, apabila cara di bawah ini tidak efektif. 

  • Istirahat dan Menghindari Aktivitas Berlebihan: Memberi waktu istirahat bagi persendian yang terkena dan menghindari aktivitas yang menyebabkan tekanan berlebihan dapat membantu proses penyembuhan.
  • Kompres Es: Mengompres area yang terkena dengan es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit.
  • Obat Antiinflamasi: Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas, seperti ibuprofen, dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit.
  • Fisioterapi: Terapi fisik yang diarahkan oleh profesional medis dapat membantu memperkuat otot di sekitar persendian dan memperbaiki mobilitas.
  • Injeksi Steroid: Dalam beberapa kasus, dokter dapat memberikan suntikan kortikosteroid ke dalam bursa untuk mengurangi peradangan.

Cobalah untuk menghindari faktor risiko seperti gerakan berulang yang menyebabkan tekanan pada persendian dan menjaga postur tubuh yang baik. Jika muncul rasa sakit atau tanda-tanda bursitis, penanganan yang cepat dan tepat dapat membantu mengurangi peradangan, menghilangkan gejala, dan memulihkan kualitas hidup Anda.

Jika gejala terus berlanjut atau memburuk meskipun sudah melakukan perawatan mandiri, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut, memberikan diagnosis yang akurat, dan menyarankan pengobatan yang sesuai.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Bursitis?

Bursitis merupakan kondisi yang terjadi ketika bursa mengalami peradangan. Bursa yaitu kantung kecil berisi cairan yang berfungsi sebagai bantalan antara tulang, tendon, otot, dan jaringan lunak lainnya di tubuh.

Bagaimana Cara Mengurangi Gejala Nyeri Bursitis?

Lakukan hal ini untuk mengurangi gejala nyeri: 1. Istirahat dan hindari aktivitas berlebih 2. Kompres dengan es 3. Konsumsi obat antiinflamasi 4. Terapi fisioterapi 5. Injeksi steroid

Baca Juga  6 Penyebab Lutut Sakit di Usia Muda

Apa Penyebab Bursitis?

Beberapa faktor penyebabnya yaitu: 1. Cedera atau trauma berulang 2. Tekanan berlebihan 3. Infeksi 4. Kondisi medis tertentu seperti arthritis atau lupus 5. Usia

Baca juga: Cara Mengatasi Nyeri Lutut Kronis dengan Radiofrekuensi Ablasi

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now