Berbagai Jenis Cedera Lutut

Berbagai Jenis Cedera Lutut Yang Sering Terjadi

Jenis cedera lutut  beragam bergantung pada penyebabnya.  Kondisi ini bisa terjadi akibat aktivitas fisik seperti melakukan olahraga, terjatuh atau kecelakaan hingga aktivitas sederhana seperti terbentur. Mengutip dari EMedicine Health, Wedro, B., & Stoppler, M dari Knee Injury (ACL, MCL, LCL) Symptoms, Signs, Treatment & Recovery Time (2017), gejala umum cedera lutut, seperti, terasa nyeri, bengkak, kesulitan menahan beban dan ketidakstabilan saat bergerak. 

Ragam Jenis Cedera Lutut

Terdapat beberapa jenis cedera lutut yang perlu kamu ketahui, agar kamu bisa mengetahui apa yang harus dilakukan saat mengalaminya. Berikut beberapa jenis cedera lutut yang sering terjadi mengutip dari Medical News Today, Davis, K., & Morrison, W. (2017):

1. Keseleo atau terkilir 

Keseleo atau terkilir bisa terjadi akibat cedera lutut. Umumnya bagian yang terkilir adalah pada bagian ligamen atau jaringan ikat pada lutut. Jaringan ikat pada lutut berfungsi untuk melindungi tulang dan sendi serta untuk menentukan ruang gerak dari tulang. Karena fungsinya tersebut, jaringan ikat bersifat lentur dan juga fleksibel. 

Cedera lutut yang mengakibatkan keseleo atau terkilir banyak terjadi akibat aktivitas olahraga, seperti sepak bola dan juga basket. Hal ini karena pada dua jenis olahraga ini atlet akan melakukan gerakan melakukan lompatan dan juga gerakan kaki yang begitu cepat. 

Gejala dari keseleo atau terkilir adalah munculnya nyeri dan juga sakit saat sedang berjalan serta munculnya kemerahan pada area yang terkilir. 

2. Cedera meniskus 

Cedera meniskus terjadi karena bantalan pada sendi lutut yang berbentuk cincin mengalami benturan dan menghindari tulang pada lutut yang bergesekan dengan tulang lainnya. 

Kondisi cedera meniskus menyebabkan timbulnya robekan pada meniskus yang menimbulkan rasa nyeri, bengkak dan juga kaku pada lutut. Cedera meniskus umumnya terjadi saat seseorang sedang melakukan aktivitas olahraga dan bagian lutut terbentur dengan keras. 

3. Patah tulang lutut 

Patah tulang lutut akibat trauma, seperti terjatuh atau mengalami kecelakaan saat sedang berolahraga adalah penyebab paling umum terjadinya cedera lutut. Selain itu, penderita tulang keropos atau osteoporosis juga bisa mengalami cedera lutut. 

Bagian tulang lutut merupakan bagian yang sering mengalami cedera. Dalam kondisi yang cukup serius, pasien cedera lutut memerlukan tindakan khusus atau bahkan operasi untuk proses penyembuhan. 

4. Overuse 

Kondisi overuse terjadi akibat aktivitas berlebihan pada lutut dan menimbulkan gangguan pada lutut, seperti patellofemoral pain syndrome. Gangguan lutut patellofemoral pain syndrome banyak terjadi pada atlet sepeda dan juga lari. Umumnya nyeri yang timbul akan muncul pada bagian lutut maupun belakang lutut. 

Tingkat keparahan penyakit ini berbeda-beda pada setiap orang tergantung pada aktivitas berat yang biasa dikerjakan. Overuse bisa membaik jika penderita mengurangi aktivitas sementara dan beristirahat yang cukup. 

5. Dislokasi 

Dislokasi terjadi karena cedera lutut saat sedang berolahraga ataupun akibat kecelakaan. Kondisi dislokasi memengaruhi bagian sendi dan juga tempurung pada lutut. 

Dislokasi pada sendi lutut merupakan kondisi cedera yang langka. Namun kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan parah pada anatomi lutut, bagian pembuluh darah, dan juga bagian saraf sekitar. Kondisi dislokasi perlu penanganan yang tepat agar nyeri yang terjadi tidak menimbulkan komplikasi penyakit lain. 

Kondisi dislokasi lutut bisa terjadi saat bagian tempurung lutut bergeser. Pengobatan untuk kondisi ini adalah dengan rutin melakukan terapi.

6. Cedera ACL

Anterior Cruciate Ligament atau cedera ACL terjadi saat salah satu dari empat ligamen yang menghubungkan tulang kering dan paha mengalami cedera. Cedera ACL umumnya sering terjadi pada saat seseorang melakukan beberapa aktivitas olahraga seperti, basket dan juga sepak bola. 

Cedera ACL terjadi karena perubahan arah dengan cepat saat seseorang melakukan lompatan. Kondisi cedera ACL terjadi bersamaan dengan bagian pada meniskus dan juga pada bagian ligamen lain.

7. Bursitis

Cedera bursitis adalah kondisi cedera sendi yang memengaruhi bagian bursa yaitu pada kantung lendir yang berisi cairan untuk melindungi bagian luar sendi lutut sehingga bagian tendon dan juga ligamen yang bisa bergerak mulus pada bagian sendi. 

Bursitis bisa terjadi saat radang kantung lendir lutut mengalami iritasi atau infeksi. Kondisi ini menimbulkan rasa sakit luar biasa pada bagian lutut. 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00