Bengkak Kaki Pada Ibu Hamil

Bengkak Kaki Pada Ibu Hamil, 5 Cara Ini Bisa Mengatasinya

Bengkak kaki yang terjadi pada ibu hamil sebenarnya merupakan hal yang biasa. Namun kebanyakan Ibu hamil yang merasa ketidaknyamanan dan ingin segera mengatasi kaki bengkak tersebut. Bengkak kaki ini terjadi akibat terjadi perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Selama masa kehamilan, tubuh akan menahan lebih banyak cairan dan garam (natrium). Biasa terjadi pada 24 atau 28 minggu pertama kehamilan.

Dalam  medis, pembengkakan ini terjadi akibat terjadinya kerusakan atau peningkatan tekanan pada pembuluh darah kapiler. Sehingga cairan akan merembes dari kapiler ke dalam jaringan organ sekitarnya. Selain itu terdapat banyak faktor yang bisa juga mengakibatkan bengkak kaki pada ibu hamil.

Faktor Risiko Bengkak Kaki Pada Ibu Hamil

Kenaikan Berat Badan : Seiring umur kehamilan yang semkin bertambah, maka berat badan ibu hamil juga turut meningkat. Tubuh akan menopang beban yang lebih berat dibandingkan sebelum hamil, sehingga pembengkakan tidak bisa hindari.

Kurang Gerak : Akibat kurang gerak ini, sirkulasi darah ibu pada bagian kaki akan menjadi kurang lancar dan membuatnya bengkak.

Cara Menangani Bengkak Kaki Saat Hamil

Kompres Kaki Dengan Air Dingin

Kompres adalah cara paling efektif untuk melancarkan peredaran darah kaki. Caranya cukup mudah dengan  menyiapkan ember berisi air es dan merendam kedua kaki ke dalamnya. Pastikan kaki dalam kondisi bersih sebelum merendamnyake dalam air dingin. Tunggu hingga beberapa menit dan jika merasa sudah cukup, keringkan kaki dengan handuk bersih. Lakukanlah hal ini secara rutin saat merasa kaki mulai membengkak.

Baca Juga  Waspadai Gejala Osteoarthritis yang Bisa Sebabkan Nyeri Saat Berjalan
Sering Bergerak

Saat hamil, bukan berarti tidak boleh bergerak sama sekali. Kamu bisa  berjalan kaki saat pagi hari. Selain membantu memperlancar proses persalinan, berjalan kaki pagi hari akan membantu memperlancar sikurlasi darah khususnya bagian kaki, dan akhirnya menghilangkan bengkak.

Perbanyak Minum Air Putih dan Kurangi Asupan Garam

Mmeminum banyak air akan membuat sirkulasi cairan yang tertimbun  dalam kaki pun akan menjadi lebih lancar. Selain itu, perlu mengurangi asupan garam. Garam akan mengikat cairan pada kaki dan membuat pembengkakan kian parah.

Jangan Mengenakan Celana Ketat

Penggunaan celana ketat saat hamil  akan mempengaruhi perkembangan janin  dalam rahim. Penggunaan celana ketat juga bisa mengakibatkan aliran darah ke kaki menjadi terhambat.

Buat Kondisi Senyaman Mungkin
  • Ibu hamil bisa mengenakan sandal atau sepatu dengan alas yang empuk agar kaki tidak sakit
  • Tidak menyilangkan kaki yang dapat membuat aliran darah kaki terhambat
  • Tidurlah dalam posisi miring atau ganjal kaki dengan bantal untuk memperbaiki aliran darah, serta membantu mengurangi timbunan cairan pada kaki yang mengalami pembengkakan
lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00