bahu nyeri saat mengangkat tangan - Patella

Hati-hati! Frozen Shoulder Bisa Sebabkan Bahu Nyeri Saat Mengangkat Tangan

Bahu yang nyeri saat mengangkat tangan bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi, salah satunya adalah frozen shoulder atau bahu beku. Frozen shoulder, atau capsulitis adhesiva, merupakan kondisi di mana sendi bahu mengalami peradangan dan  menimbulkan rasa nyeri serta terbatasnya lingkup gerak sendi. 

Apa Itu Frozen Shoulder?

bahu nyeri saat mengangkat tangan - Patella

Frozen shoulder terjadi ketika kapsul (lapisan yang mengelilingi sendi bahu) mengalami gangguan dan peradangan. Kondisi ini mengakibatkan penurunan produksi cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas sendi, sehingga sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

Penyebab Frozen Shoulder

Berbagai faktor dapat menyebabkan frozen shoulder, antara lain: 

  • Cedera berolahraga atau terjatuh dapat memicu peradangan dan mengakibatkan pembentukan jaringan parut di sekitar sendi bahu.
  • Beberapa kondisi medis seperti diabetes, penyakit jantung, atau hipotiroidisme dapat meningkatkan risiko terjadinya frozen shoulder.
  • Posisi bahu yang tidak bergerak dalam waktu yang lama, seperti akibat imobilisasi pasca operasi, juga dapat memicu bahu kaku dan sulit bergerak. 

Gejala yang Harus Diwaspadai

  • Nyeri di bahu yang bertambah saat berusaha mengangkat tangan.
  • Keterbatasan pergerakan bahu, terutama pada gerakan mengangkat tangan ke atas.
  • Kaku pada sendi bahu yang membatasi aktivitas sehari-hari.

Bagaimana Mengobati Frozen Shoulder? 

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai kisaran gerakan bahu dan tingkat kekakuan. Selain itu, pemeriksaan sinar-X atau MRI juga sangat penting agar dapat membantu mendeteksi jika ada perubahan pada sendi bahu.

Salah satu metode terkini yang menjanjikan untuk mengatasi frozen shoulder adalah menggunakan teknik radiofrekuensi ablasi. Radiofrekuensi ablasi adalah prosedur medis yang menggunakan gelombang radiofrekuensi untuk menghancurkan atau menghambat saraf dalam mengirimkan sinyal nyeri ke otak. Dalam pengobatan frozen shoulder, prosedur ini dapat membantu meredakan nyeri dan meningkatkan mobilitas dengan meredakan peradangan dan memperlancar pergerakan sendi.

Jika Anda memiliki keluhan nyeri bahu dan sudah sangat mengganggu, langsung saja berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella. Silakan menghubungi nomor 021-2237-9999 untuk informasi lebih lanjut atau chat via whatsapp di 0811 8124 2022.

Baca juga: Cara Cepat Mengatasi Frozen Shoulder

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Frozen Shoulder?

Frozen shoulder terjadi ketika kapsul (lapisan yang mengelilingi sendi bahu) mengalami gangguan dan peradangan. Kondisi ini mengakibatkan penurunan produksi cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas sendi, sehingga sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

Apa Penyebab Frozen Shoulder?

Beberapa faktor penyebabnya antara lain: 1. Cedera berolahraga atau terjatuh 2. Kondisi medis seperti diabetes, penyakit jantung atau hipotiroidisme 3. Posisi bahu yang tidak bergerak di waktu lama

Bagaimana Cara Mengatasi Frozen Shoulder?

Salah satu metode terkini yang menjanjikan untuk mengatasi frozen shoulder adalah menggunakan teknik radiofrekuensi ablasi. Radiofrekuensi ablasi adalah prosedur medis yang menggunakan gelombang radiofrekuensi untuk menghancurkan atau menghambat saraf dalam mengirimkan sinyal nyeri ke otak.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00