lutut sakit saat sujud

Awas, Ini Bahaya Lutut Sering Sakit Saat Sujud!

Lutut sering terasa sakit saat akan sujud? Hati-hati ya, mungkin ini bisa menjadi tanda adanya peradangan di sendi lutut. Terkadang rasa nyerinya bisa hilang timbul, namun bisa semakin parah dan bertahan lama jika tidak segera diobati. Lantas, apa saja sih yang bisa menyebabkan nyeri pada lutut ini? Yuk, cari tahu di sini!

Faktor Penyebab Lutut Sakit yang Harus Diwaspadai

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan nyeri pada lutut. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu aktivitas yang kita lakukan. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengenali apa penyebabnya sehingga bisa melakukan penanganan lebih awal untuk meredakan nyerinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan lutut sakit dan sebaiknya Anda waspadai, yaitu:

  • Cedera bantalan sendi. Cedera bisa menyebabkan meniskus atau bantalan sendi robek dan menimbulkan rasa nyeri.
  • Keseleo. Gangguan pada ligamen ini bisa menyebabkan lutut terasa sakit saat menggerakkannya. Namun, perawatan sederhana umumnya bisa menyembuhkan rasa sakitnya.
  • Bursitis. Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan pada bursa (kantung berisi cairan pelumas pada lutut). Peradangan timbul akibat jumlah cairan yang sedikit pada bursa sehingga terjadi gesekan antar tulang yang semakin besar.
  • Tendinitis patella. Cedera juga bisa menyebabkan pembengkakan atau radang pada tendon yang menghubungkan patella dengan tulang femur atau tibia, sehingga timbul rasa nyeri.
  • Osteoarthritis. Kondisi ini terjadi akibat peradangan kronis di bagian sendi lutut dan umumnya menyerang usia berusia lebih dari 50 tahun.

Gejala Lutut Sakit

Nyeri lutut dapat muncul secara bertahap dan memburuk seiring waktu. Tingkat keparahan nyerinya pun juga berbeda-beda tergantung apa yang menyebabkannya.

Beberapa gejala umum yang sering muncul akibat sakit lutut adalah:

  • Rasa kaku pada lutut
  • Pembengkakan dan tampak kemerahan di area lutut
  • Lutut terasa hangat ketika disentuh
  • Muncul bunyi atau suara krek atau gemeretak atau krepitasi

Penanganan Lutut yang Semakin Nyeri di Klinik Patella

Untuk mengatasi sakit lutut memang bisa dilakukan pengobatan rumahan, seperti mengompres dingin lutut, berisitirahat, mengangkat kaki lebih tinggi, atau minum obat pereda nyeri. Akan tetapi, ada kalanya nyeri yang muncul malah semakin memburuk. Oleh karenanya, segera ke dokter di Klinik Patella untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan pada area lutut dan menanyakan gejalanya. Selanjutnya, jika kondisi lutut ternyata cukup parah, maka dokter akan menyarankan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosa, seperti MRI, Rontgen atau CT-Scan. Hasil dari pemeriksaan tadi yang akan menentukan jenis pengobatan yang sesuai dengan kondisi medis Anda.

Di Klinik Patella, kami memiliki beberapa metode pengobatan terbaik untuk mengatasi nyeri lutut Anda, antara lain:

Radiofrekuensi ablasi

Teknologi pengobatan ini merupakan prosedur minimal invasif dengan cara menghantarkan gelombang radio dengan frekuensi tertentu pada saraf genikular pada area lutut. Tingkat keberhasilannya bisa mencapai 90% dan sangat efektif untuk mengurangi nyeri pada lutut.

Injeksi PRP

Platelet-rich plasma (PRP) menggunakan plasma darah dari tubuh kita sendiri yang akan disuntikkan kembali ke dalam sendi lutut. Plasma ini mengandung growth factor (faktor pertumbuhan) yang dapat menstimulasi atau merangsang sel-sel baru pada sendi lutut. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan dan kerusakan pada tulang ataupun sendi lutut.

Viskosuplementasi

Prosedur medis yang bekerja dengan memasukkan asam hyaluronat (HA) ke dalam sendi lutut melalui suntikan. HA adalah sejenis cairan pelumas alami pada sendi lutut yang berfungsi untuk melubrikasi sendi agar mencegah terjadinya gesekan antar tulang.

Berbagai metode pengobatan tersebut sangat tepat untuk nyeri lutut yang Anda alami. Jadi, tak perlu khawatir lagi jika nyeri lutut bisa semakin mengganggu aktivitas. Segera berkonsultasi dengan dokter spesialis di Klinik Patella untuk penanganan lebih lanjut. Hubungi Assistance Center kami untuk informasi lebih lanjut.

Yuk, chat dan konsultasi sekarang hanya di Klinik Patella! Sebagai informasi tambahan, Klinik Patella berlokasi di Lamina Pain and Spine Center, Mampang dan SMC Jakarta di Gedung Amanyaak Pluit.

Baca juga: Lutut Berbunyi Saat Ditekuk? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00