Pengapuran sendi lutut

Pengapuran Sendi Lutut, Cara Ini Efektif Tanpa Perlu Operasi

Nyeri sendi terjadi akibat adanya radang pada sendi (osteoartritis). Mungkin ada sebagian orang awam mengatakan hal ini sebagai pengapuran yang umum terjadi pada sendi lutut. Osteoartritis ini terdiri dari 3 kata, yaitu osteo yang berarti tulang; artr artinya sendi; dan itis yang berarti adanya peradangan. Peradangan inilah yang dapat menimbulkan gejala nyeri, kaku dan bengkak.

Konsultasikan Masalah Nyeri Lutut Via Whatsapp

 

Pada awalnya OA diduga murni akibat proses degeneratif (proses penuaan) dan nyeri yang terjadi akibat proses mekanik dalam sendi, namun ternyata didapatkan juga terjadi proses peradangan, sehingga timbullah gejala nyeri pada lutut.

Pengapuran sendi lutut

Pengapuran sendi lutut

Jadi osteoartritis itu adalah radang pada sendi yang disebabkan oleh kerusakan pada tulang rawan sendi. Penyakit ini dapat terjadi pada seluruh sendi, baik sendi kecil maupun sendi yang besar di antara dua tulang.

Kerusakan tulang rawan tersebut, juga dapat terjadi pada seluruh tulang rawan sendi mana pun. Mulai dari lutut, pergelangan kaki, panggul, bahu, tulang belakang, hingga siku. Tak hanya itu, stadiumnya pun berbeda-beda. Namun umumnya osteoartritis terjadi pada lutut dan panggul. Hal ini dikarenakan, sendi pada lutut dan panggul adalah sendi weight bearing atau sendi yang menahan beban tubuh terbesar.

Hal terpenting yang perlu diketahui tentang osteoartritis adalah penyakit ini tidak bisa sembuh, namun jika dideteksi dini dan diberikan terapi dengan tepat maka penyakit ini dapat terkontrol dan perburukan gejala atau kerusakannya dapat diperlambat.

Pasien dengan penyakit OA umumnya dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan bantuan terapi yang tepat, kebiasaan yang baik, olah raga dan istirahat serta alat bantu sendi maupun operasi (jika diperlukan). Sendi yang paling banyak terkena adalah sendi lutut.

Pengapuran Sendi Lutut Menimbulkan Gejala

  • nyeri muncul secara perlahan dan menjadi semakin sering.
  • pada awalnya, nyeri timbul saat melakukan aktivitas fisik yang berat seperti sesudah berlari, berjalan jauh, atau sesudah naik turun tangga berulang. Selanjutnya, nyeri juga timbul saat beraktivitas sehari-hari seperti ketika bangun dari jongkok, atau saat sujud, dan berdiri lama.
  • nyeri biasanya memburuk ketika sendi digunakan dan membaik ketika istirahat.
  • terdengar bunyi (krepitus) pada saat digerakkan.
  • bengkak dan kekakuan sendi yang berlangsung kurang lebih 15-20 menit.

 Atasi Tanpa Operasi

Penanganannya bergantung pada stadium atau tahapan keparahan OA. Salah satu yang dapat menjadi pilihan penanganan nyeri lutut adalah dengan injeksi asam hialuronat. Terapi dengan asam hialuronat ini bertujuan untuk menggantikan asam hialuronat alami yang ada di ruang sendi dan mencegah tulang saling bergesekan.

Selain itu zat ini juga dapat membantu meredakan inflamasi dan mengurangi nyeri. Dikenal juga dengan istilah injeksi ‘oli’ atau pelumas ke dalam sendi lutut. Setelah itu diharapkan sendi dapat bergerak lebih baik.

Pilihan lainnya adalah injeksi steroid yang dapat membantu mengurangi peradangan, mengatasi pembengkakan dan mengurangi nyeri.  Bergantung lokasi dan peradangannya, steroid ini dapat disuntikkan langsung ke sendi (intraartikular), ke dalam jaringan lunak (periartikular), dan ke dalam otot (intramuskular).

Teknologi pengobatan kini semakin berkembang. Pilihan penanganan nyeri pada sendi lutut akibat pengapuran atau OA ini adalah platelet-rich plasma (PRP). Platelet-rich plasma(PRP) atau plasma kaya trombosit adalah plasma yang telah diperkaya dengan trombosit.

PRP menggunakan plasma darah yang diambil dari darah pasien itu sendiri sebagai media utamanya. Kemudian, darah tersebut akan dimasukkan ke alat pemutar (sentrifugasi) untuk memisahkan komponen yang ada di dalamnya.

Selain penting untuk pembekuan darah, trombosit mengandung ratusan protein yang disebut sebagai faktor pertumbuhan (growth factor). Faktor inilah yang memiliki peranan amat penting bagi proses penyembuhan luka atau proses perbaikan jaringan. Karena menggunakan darah pasien sendiri, efek samping seperti alergi, dapat diminimalisasi.

Sebuah studi di tahun 2009 lalu mengevaluasi efek injeksi PRP ini pada 100 pasien dengan kerusakan degeneratif pada kartilago lututnya. Hasilnya para pasien ini merasakan perbaikan nyeri yang signifikan dalam waktu 6 bulan setelah terapi.

Sedangkan di tahun 2012 penelitian dilakukan pada 120 pasien dengan beragam derajat OA lutut. Kali ini  membandingkan pengobatan dengan injeksi PRP dan injeksi asam hyaluronat. Hasilnya pasien yang menerima injeksi PRP menunjukkan perbaikan dalam nyeri dan fungsi lutut lebih baik.

Radiofrekuensi Pada Pengapuran Sendi Lutut

Penanganan nyeri kronis lutut yang cukup efektif lainnya adalah genicular nerve block dan genicular nerve ablation atau dengan menggunakan radiofrekuensi (RF) untuk mengatasi nyeri lutut. Penanganan terkini ini efektif karena tidak perlu rawat inap, efek samping minimal, dan pasien dapat cepat kembali beraktivitas setelah prosedur dilakukan.

Baca juga : Penyebab lutut tidak bisa ditekuk

Terapi RF ini cocok untuk penderita radang sendi kronis yang tidak ingin atau tidak dapat dioperasi karena kondisi kesehatan tertentu.

Lantaran OA adalah penyakit degeneratif yang sebagian besar diakibatkan usia maka penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Namun Anda bisa mengendalikan rasa nyeri, meningkatkan fungsi sendi, mempertahankan berat badan normal, dan melakukan gaya hidup yang sehat. (berbagai sumber).

Konsultasikan Masalah Nyeri Lutut Via Whatsapp

6 Comments
  1. Balas
    Dede Kurniawan

    Dok..saya pasien cuci darah..sekarang dengkul saya sakit ..jika sholat sakit sekali … pinggang dan juga sakit….adakah obat buat hilangkan penyeri dengkul saya?????….terimakasih ya Dokter

  2. Balas
    Sandra

    Saya mau nanya seputar nyeri tulang pada lutut ibu saya

  3. Balas
    S . Wibowo

    Tulisan/ulasan ini sangat bagus membantu pengetahuan pengertian yg seblumnya kurang ngerti taunya OA aja trus pergi ke dokter di persendian di suntik/di isi oil sembuh gak sakit lagi.
    Itu terjadi kira kira 20 tahun yg lalu waktu masih bekerja dan aktif bermain tenis lapangan pingpong voly renang.
    Waktu itu dengkul di suntik ( di isi oli ) gak tau cairannya apa
    yg di masukin karena gak mau tau yg penting sembuh.
    Oleh dokter gak boleh lagi main tenis lapangan.. tp bandel main lagi .. itu kira2 setahun kemudian dan sakit lagi dan di suntik smp sekarang ini 2019 baru sakit lagi.

  4. Balas
    agung priyono

    Saya barusan merasakan lutut saya bunyi degan keras saat beralih secara mendadak…sekarang terasa agak panas..itu kenapa dan hrs bagaimana

  5. Balas
    Alyando

    Aku pernah terjadi kecelakaan fatal..dan membuat lutut kaki kanan ku terkilir sehingga tulang tempurung menggeser ke arah kanan dan tidak kembali ke tempat semula..sehingga membuat nyeri yang amat sakit..
    Sehingga susah untuk jongkok..sujut..dan berjalan..
    Apakah ini bisa diatasi tanpa harus operasi tulang sendi lutut
    Mohon arahan dan tanggapannya
    Terima kasih sebelum nya

  6. Pingback: Suntik Lutut, Obat Lutut Kaku dan Lutut Bengkak » Klinik Patella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now