artroskopi lutut adalah

Artroskopi Lutut Adalah Salah Satu Penanganan pada Lutut

Artroskopi lutut adalah suatu tindakan diagnostik dan terapi yang bertujuan melihat ke dalam sendi yang dilakukan oleh dokter untuk memperbaiki berbagai kerusakan yang ditemukan. Hal ini terutama dilakukan pada lutut.

Artroskopi dapat digunakan untuk melihat permukaan sendi dan jaringan sekitarnya untuk membantu dokter agar dapat mendiagnosis, menangani dan memantau perkembangan kondisi sendi terutama lutut.

Dengan melakukan artroskopi, dokter dapat menentukan derajat kerusakan di dalam sendi yang kemungkinan menjadi penyebab lutut nyeri dan bengkak.

Saat Artroskopi Lutut Berlangsung

Artroskopi lutut adalah sebuah prosedur invasif minimal dan biasanya dilakukan dalam waktu cukup singkat atau 1 hari.

Dokter akan melakukan sayatan kecil yang akan digunakan sebagai tempat masuknya artroskop atau membuat sayatan baru yang bertujuan untuk memasukkan artroskop dan melihat kondisi pada sendi-sendi lainnya. Sayatan kecil ini biasanya berjumlah dua.

Kemudian dokter akan mengisi sendi dengan cairan steril untuk melebarkan sendi agar mempermudah dokter melihat kondisi sendi.

Alat artroskop akan segera menangkap gambaran dalam sendi dan langsung tampak di layar monitor. Karena artroskopi ini akan dihubungkan dengan kamera dan layar, maka dokter dapat mengambil atau mengeluarkan jaringan yang tidak semestinya ada di area tersebut atau memperbaiki jaringan yang rusak.

Artroskopi memberikan pandangan yang jelas ke dalam lutut saat dokter melakukannya. Pemulihan yang terbilang cepat dapat diharapkan karena tindakan ini termasuk invasif minimal (hanya sedikit melukai kulit).

Tindakan artroskopi ini  biasanya berlangsung cukup singkat dan berapa lama waktu ini berlangsung bergantung pada temuan-temuan yang didapat dan pilihan penanganan yang dibutuhkan.

Artroskopi Lutut Dapat Dilakukan Pada Kondisi Apa?

Artroskopi lutut dapat membantu mendiagnosis dan dapat dilakukan pada beberapa kondisi lutut berikut ini:

-Cedera lutut akut atau kronis

-Membuang atau memperbaiki kerusakan meniscus

-Mengeluarkan fragmen atau serpihan tulang

-Mengeluarkan cairan yang berlebihan

-Lutut yang bergeser

-Mengambil kista Baker

-Memperbaiki kerusakan pada area tulang rawan (kartilago) lutut

Keunggulan Artroskopi Lutut

Keunggulan artroskopi dibandingkan dengan tindakan bedah terbuka, antara lain:

-nyeri minimal pasca-tindakan

-waktu pemulihan lebih cepat

-risiko infeksi minimal

-tidak perlu rawat inap

-dapat kembali beraktivitas lebih cepat

Metode ini biasanya dilakukan untuk menilai ringan beratnya kerusakan sendi yang disebabkan kecelakaan atau cedera, misalnya akibat olahraga, atau kondisi medis atau penyakit yang menyebabkan kerusakan sendi, misalnya peradangan atau pengapuran sendi (osteoarthritis).

Persiapan Artroskopi

Persiapan yang mungkin Anda lakukan pada umumnya dokter akan meminta Anda mengisi surat persetujuan tindakan kemudian dokter juga akan bertanya mengenai beberapa hal berikut:

* tengah minum obat-obatan tertentu

* adanya alergi obat

* kehamilan dan menyusui perlu dikonsultasikan terlebih dahulu

* penyakit yang Anda alami

Saat tindakan sebaiknya memakai pakaian yang nyaman dan longgar, misalnya celana olahraga, agar nanti setelah tindakan, Anda tidak kesulitan mengenakan pakaian.

Pemulihan dari Artroskopi Lutut

Masa pemulihan dari artroskopi lutut lebih cepat dibandingkan pemulihan operasi lutut terbuka yang terdahulu. Meskipun demikian, Anda masih perlu melakukan hal berikut:

* Kemungkinan Anda disarankan untuk menggunakan alat bantu jalan agar beban berat tubuh ke lutut dapat berkurang.

* Sebaiknya untuk mengemudi perlu didiskusikan, biasanya dapat kembali menyetir mobil setelah 1-3 minggu kemudian. Namun semua ini bergantung pada tingkatan nyeri lutut atau mobil Anda matic atau manual.

* Obat-obatan. Kemungkinan dokter akan memberikan obat untuk mencegah terjadinya nyeri dan peradangan.

* Lakukan metode R.I.C.E, yaitu dengan istirahat, kompres dingin atau es, dan meletakkan kaki agak lebih tinggi saat berbaring selama beberapa hari untuk membantu mencegah terjadinya bengkak dan nyeri.

* Latihan fisik atau rehabiltasi juga kemungkinan akan disarankan dokter untuk membantu memperkuat otot dan memperbaiki fungsi sendi lutut.

Larangan Aktivitas Pasca-Artroskopi

Untuk membantu mengurangi risiko terjadinya nyeri pasca-artroskopi, sebaiknya Anda tidak melakukan hal berikut beberapa hari setelah artroskopi:

  1. Berjongkok
  2. Berlutut
  3. Menekuk lutut hingga 90 derajat
  4. Berjalan kaki jarak yang cukup jauh
  5. Berdiri terlalu lama

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now