kortikosteroid

Apakah Kortikosteroid Bisa Digunakan untuk Mengatasi Bursitis? Simak Penjelasannya

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bursitis, salah satunya yaitu dengan suntikan kortikosteroid. Bursitis merupakan kondisi yang terjadi akibat peradangan pada bursa, yaitu pelumas dan bantalan di sekitar sendi. Bursa itu sendiri berfungsi untuk mengurangi gesekan yang muncul antara tulang dan tendon saat kita bergerak. Biasanya kondisi ini terjadi pada sendi lutut, pinggul ataupun bahu.

Lantas, apa penyebab dan gejala yang bisa timbul dari bursitis? Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Bursitis

Beberapa faktor bisa menyebabkan bursitis, oleh karena itu Anda sebaiknya tetap waspada karena kondisi ini juga membutuhkan penanganan yang tepat.

Berikut adalah hal-hal yang bisa memicu peradangan pada bursa, seperti:

  • Melakukan gerakan dengan menggunakan sendi secara berulang dan terus menerus.
  • Menggunakan sendi dalam jangka waktu lama sehingga memberikan tekanan berebihan pada sendi
  • Cedera sendi, misalnya terbentur benda keras, olahraga berlebihan atau kecelakaan yang menyebabkan trauma pada sendi hingga mengenai bursa
  • Infeksi yang bisa berdampak pada sendi dan tulang, seperti rheumatoid arthritis, gout arthritis atau diabetes.
  • Menderita obesitas atau berat badan berlebih

Pada umumnya, bursitis juga lebih berisiko terjadi pada pekerja yang membutuhkan gerakan sendi berulang, misalnya atlet, pemain alat musik, pelukis ataupun pekerja bangunan. Anda yang berusia lebih dari 40 tahun pun bisa berisiko terkena bursitis.

Seperti Apa Gejalanya?

Apabila mengalami bursitis, Anda mungkin akan merasakan nyeri sendi atau kekakuan pada sendi yang meradang. Rasa nyeri ini bisa semakin memburuk ketika menggerakkan sendi atau ada tekanan di sekitarnya.

Selain nyeri yang muncul, terkadang timbul pembengkakan pada area sendi yang terkena. Bahkan sendi bisa terasa hangat dan berwarna kemerahan. Gejalanya bisa muncul secara tiba-tiba dan menetap dalam beberapa hari atau minggu.

Baca Juga  Pangkal Paha Sakit, Berikut Adalah Penyebabnya

Segera lakukan pengobatan jika gejala bertambah parah dan memengaruhi aktivitas yang Anda lakukan.

Pengobatan dengan Kortikosteroid

Penanganan bursitis pada tahap awal bisa dilakukan dengan mengistirahatkan sendi,mengompresnya, atau minum obat pereda nyeri untuk meredakan keluhan. Bagi Anda yang menderita obesitas juga sebaiknya menurunkan berat badan agar tidak memberikan tekanan berlebih pada sendi.

Namun, jika nyeri dan gejala lainnya tidak juga membaik, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli.

Untuk mengurangi nyeri dan peradangan, Anda bisa menggunakan injeksi kortikosteroid. Kortikosteroid adalah golongan obat yang memiliki kandungan hormone steroid sintesis. Fungsinya yaitu untuk menghambat produksi zat yang menimbulkan peradangan, serta sebagai imunosupresan guna menurunkan aktivitas dan sistem kerja imun.

Biasanya penggunaan kortikosteroid bertujuan untuk meredakan peradangan pada beberapa kondisi medis, seperti bursitis.

Untuk mengatasi bursitis dan mencegah gejala nyeri berkepanjangan, Anda bisa berkonsultasi via online atau datang langsung ke Klinik Patella. Sebagai pusat pengobatan nyeri lutut, Patella memiliki dokter-dokter handal dan berpengalaman yang akan membantu menangani masalah pada lutut Anda.

Silakan menghubungi Assistance Center Klinik Patella pada nomor kontak yang tertera.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Nyeri Bahu yang Ganggu Aktivitas Harian

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now