hand-arm vibration syndrome

Apa Itu HAVS? (Hand-Arm Vibration Syndrome)

HAVS (Hand-Arm Vibration Syndrome) atau Sindrom Getaran Tangan-Lengan adalah kondisi medis yang disebabkan oleh paparan berkepanjangan terhadap getaran mekanik pada tangan dan lengan. Paparan getaran berkepanjangan ini menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak di tangan dan lengan.

Kondisi ini biasanya terjadi pada pekerja yang sering menggunakan alat atau mesin yang menghasilkan getaran, seperti alat berat, palu pneumatik, gergaji listrik, atau mesin penggiling.

Gejala HAVS

  • Warna Kulit Jari Pucat

Jari-jari tangan dan lengan menjadi pucat, dingin, dan mati rasa akibat gangguan sirkulasi darah. Setelah paparan getaran, warna kulit dapat berubah menjadi biru atau merah, kemudian kembali normal ketika sirkulasi pulih.

  • Nyeri dan Kebas

Terjadi rasa nyeri, kebas, atau kesemutan pada tangan, jari-jari, dan lengan. Gejala ini dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam melakukan tugas sehari-hari dan kinerja pekerjaan.

  • Gangguan Motorik

HAVS dapat mempengaruhi kemampuan motorik, seperti mengurangi kekuatan grip atau pegangan tangan, mengganggu koordinasi, dan mengurangi sensitivitas terhadap sentuhan.

Paparan getaran berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak di tangan dan lengan, termasuk otot, tendon, dan ligamen. Ini dapat mengakibatkan peradangan, nyeri kronis, dan penurunan fungsi.

Pengobatan HAVS

  • Menghindari Paparan Getaran
  • Terapi Fisik/ Fisioterapi
  • Obat-obatan
  • Terapi Blocking Saraf
  • Pembedahan

Jika anda mengalami keluhan nyeri pada tangan, segeralah berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk menegakkan diagnosis. Dengan diagnosis yang akurat, maka penanganannya pun akan sesuai. Silakan hubungi Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 1443 599.

Baca juga: Wrist Tendinitis, Penyebab Sendi Pergelangan Tangan Sakit

Baca Juga  Sakit Lutut, Obati dengan Viscosuplemen

Referensi:

Samara D, Diagnosis dan penatalaksanaan hand-arm vibration syndrome pada pekerja pengguna alat yang bergetar. Available at https://adoc.pub/diagnosis-dan-penatalaksanaan-hand-arm-vibration-syndrome-pa.html . accessed June 2, 2023.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now