daun ciplukan

6 Manfaat Daun Ciplukan, Obat Alami Atasi Radang Sendi Hingga Rematik

Pernah mendengar tentang buah ciplukan? Buah ini cukup populer karena daun ciplukan ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Buahnya sendiri terbungkus oleh kelopak menggembung berwarna kuning ketika matang dan rasa buahnya asam manis sehingga banyak orang menggemarinya. Sedangkan, daun ciplukan ternyata efektif untuk mencegah berbagai penyakit, seperti radang sendi, stroke, rematik, diabetes dan penyakit lainnya.

Mengutip laman Health Benefit Times, daun ini juga baik untuk menjaga imunitas tubuh. Sebab, memiliki kandungan flavonoid, alkaloid dan tanin yang dapat menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut ini adalah beragam manfaat daun ciplukan bagi kesehatan, antara lain:

Obat Stroke

Untuk mengatasi stroke, cobalah makan bagian daun secara teratur. Anda juga bisa merebus batang dan akar buah ciplukan untuk diminum sebanyak tiga kali sehari secara teratur.

Mengobati Penyakit Asma

Daun ciplukan dapat mencegah serta mengobati asma. Anda bisa coba merebus daun dan batang ciplukan. Kemudian minum air rebusannya secara rutin sampai asma Anda sembuh dan tidak kambuh.

Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang harus kita waspadai. Selain dengan cara medis, pengobatan alaminya bisa menggunakan daun ciplukan. Rebus daun , akar dan batangnya untuk kemudian Anda minum sebanyak tiga kali sehari sampai kadar gula darah normal.

Mengobati Reumatik

Daun ciplukan juga berguna untuk pengobatan reumatik. Meski orang yang berusia tua lebih rentan terkena rematik, namun tetap berisiko terjadi pada orang yang lebih muda. Untuk mengobatinya, Anda bisa menumbuk daunnya dengan campuran kapur sirih. Kemudian kompres bagian yang terasa nyeri atau pegal. Lakukan secara rutin untuk hasil kesembuhan yang optimal.

Baca Juga  Lutut Bengkak Berisi Cairan Ini 12 Penyebabnya

Mencegah Penyakit Kanker

Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat efektif untuk mencegah kanker karena bisa melawan radikal bebas. Antioksidan juga bermanfaat untuk melindungi serta memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh karena radikal bebas. Sehingga mampu melawan sel kanker payudara dan usus besar.

Mengatasi Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis adalah keluhan umum yang dialami oleh orang-orang lanjut usia. Meski begitu, Anda yang berusia muda juga bisa mencegah terkena radang sendi dengan makan buah ciplukan. Untuk mengurangi nyerinya, tumbuk daun secukupnya kemudian campur dengan kapur sirih. Ramuan ini bisa Anda gunakan untuk mengompres bagian yang sakit. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Nah, setelah mengetahui apa saja manfaat daun ciplukan, Anda bisa mencoba membuat ramuannya di rumah ya! Jangan lupa juga untuk menjaga pola hidup sehat dengan beristirahat secukupnya dan rutin berolahraga.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now