cedera lutut

5 Tips yang Efektif untuk Menghindari Cedera Lutut Saat Beraktivitas

Untuk menghindari cedera lutut saat beraktivitas seperti berolahraga, Anda bisa melakukan beberapa langkah tepat yang akan kita bahas di artikel berikut ini. Cedera lutut dapat terjadi pada siapapun, bukan hanya pada orang yang berusia tua, namun juga bisa terjadi pada usia muda. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh trauma akibat benturan atau terjatuh, radang sendi (arthritis), atau aktivitas lain yang berlebihan.

Keluhan nyeri sendi lutut sering dialami oleh banyak orang, karena lutut berperan penting sebagai alat gerak yang sering digunakan untuk mobilitas. Selain itu, lutut merupakan penopang berat tubuh saat berdiri, sehingga bisa meningkatkan risiko terjadi cedera pada area tersebut ketika Anda beraktivitas.

Bagaimana Cara Mencegah Cedera Lutut?

Nyeri akibat cedera lutut sebenarnya bisa membaik dengan sendirinya. Biasanya Anda akan merasakan keluhan ringan hingga keluhan berat tergantung seberapa parah kondisi cedera yang dialami. Apabila rasa sakitnya tidak juga hilang dan berlangsung lama, maka bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk menghindari cedera lutut, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, antara lain:

Menjaga berat badan ideal

Berat badan berlebih dapat memberikan tekanan besar pada persendian. Sehingga akan lebih mudah terkena cedera atau nyeri lutut kronis. Bahkan pada kasus yang lebih parah bisa lebih berisiko terkena pengapuran sendi atau osteoarthritis. Oleh karena itu, jagalah berat badan ideal dengan menjalankan pola hidup yang sehat.

Gunakan sepatu yang tepat untuk beraktivitas

Bukan hanya saat berolahraga, tapi ketika berjalan atau melakukan aktivitas harian gunakanlah sepatu yang nyaman dan tepat. Sepatu berhak tinggi dapat menambah tekanan pada tumit dan lutut. Anda bisa menggunakan flat atau pumps shoes yang dapat menghindarkan dari cedera

Baca Juga  Kaki Bayi Bengkok Akibat Tidak Dibedong, Mitos atau Fakta?

Lakukan Latihan yang Tepat

Olahraga berintensitas rendah seperti berenang dan berjalan memiliki risiko kecil untuk cedera lutut. Daripada Anda harus ke tempat gym atau olahraga seperti tenis, sepakbola ataupun badminton, sebaiknya coba olahraga yang lebih ringan. Selain baik untuk kesehatan jantung, berenang juga baik untuk menjaga kesehatan lutut.

Namun, Anda juga bisa berlatih angkat beban dengan berat yang sesuai. Tujuannya yaitu untuk memperkuat otot paha dan kaki serta melatih fleksibilitas.

Lakukan pemanasan sebelum berolahraga

Sebelum melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti berolahraga sebaiknya lakukan pemanasan dengan cara yang benar. Setelah selesai, Anda bisa melakukan peregangan untuk merelaksasi otot-otot yang digunakan dan mencegah dari cedera lutut.

Gunakan Pelindung Lutut

Cara lain yang lebih mudah untuk mencegahnya yaitu dengan menggunakan pelindung lutut. Dengan pelindung lutut, Anda dapat menghindari benturan atau bahkan fraktur.

Selain melakukan cara tersebut, Anda juga harus menjaga pola hidup sehat dengan tetap rutin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi. Jika gejala nyeri lutut tidak juga membaik, berkonsultasilah dengan dokter di Klinik Patella untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Silakan menghubungi Assistant Center Klinik Patella pada nomor kontak yang tertera. Patella berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan dan SMC Jakarta di Gedung Amanyaak, Pluit Jakarta Utara. Kami selalu siap dalam memberikan solusi untuk setiap masalah sendi dan lutut Anda.

Yuk, jangan abaikan rasa nyeri dan konsultasi sekarang hanya di Klinik Patella!

Baca juga: Berbagai Jenis Cedera Lutut yang Sering Terjadi

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now