4 Cara Mudah untuk Mengatasi Lutut yang Terasa Nyeri

Solusi Untuk Nyeri Lutut

Sebagai salah satu sendi, lutut menopang beban cukup berat, itu sebabnya tidak heran nyeri lutut menjadi keluhan diantara orang-orang lanjut usia. Namun kini, usia muda juga bisa mengalaminya.

Penyebab paling seringnya adalah inflamasi atau peradangan akibat cara mengangkat benda berat yang tidak benar, fleksibilitas yang tidak baik, menggunakan sepatu yang tidak sesuai, kelemahan otot, dan melakukan olahraga high-impact tanpa melakukan pemanasan sebelumnya, serta masalah pada struktur lutut itu sendiri, misalnya artritis, kartilago yang aus atau kerusakan pada ligamennya.

Menurut Ahli

Bila nyeri disebabkan oleh adanya peradangan, biasanya membaik dengan terapi fisik atau medikamentosa dan rehabilitasi medis, atau tanpa perlu operasi. Hal ini dikatakan oleh dr. Charles Bush-Joseph di Rush University Medical Centre (Chicago).

Bagaimana cara membedakan peradangan atau masalah pada struktur lutut sebagai penyebab nyeri pada lutut ini? Menurut dr. Bush-Joseph, bila mampu meluruskan lutut tanpa nyeri biasanya tidak ada masalah peradangan. Bila terjadi kerusakan pada struktur lutut, lutut akan terlihat bengkak dan tidak dapat berjongkok atau menekuk lutut dengan derajat tertentu.

Ini Cara Mudah Menjaga Lutut

1.Tetap aktif

Kuncinya adalah mengenal batasan kemampuan diri sendiri saat melakukannya. Dengan tetap aktif dapat membantu Anda mengendalikan berat badan agar tetap ideal dan membantu membentuk/memperkuat otot-otot, yang keduanya ini dapat membantu melindungi lutut dari kerusakan yang lebih jauh.

Latihan fisik/olahraga yang baik untuk nyeri akibat masalah pada struktur di sekeliling lutut adalah aerobik non-impact seperti jalan kaki, sepeda statis, berenang.

2.Menjaga berat badan

Berat badan berperan penting terhadap nyeri lutut. “Setiap Anda melangkah, sekitar 2-4 kali berat badan akan membebani sendi lutut,” papar dr. Bush Joseph. Bayangkan jika Anda memiliki berat badan yang berlebihan, tentu beban ke lutut pun semakin besar. Dari hasil beberapa studi menunjukkan, nyeri lutut pada penderita radang sendi berkurang hingga 20 persen setiap penurunan berat badan sebesar 5 kilogram.

3.Memakai alas kaki yang sesuai dengan anatomi kaki atau sepatu yang nyaman

Sepatu yang nyaman dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi lutut dengan menjaga kelurusan dan keseimbangan kaki. Itu sebabnya memakai sepatu berhak tinggi menjadi penyebab tersering dari nyeri lutut.

“Saat hak tinggi itu saat dipakai akan ‘meninggikan’ tumit sehingga beban akan condong ke depan sehingga otot-otot quadriceps akan bekerja lebih keras lagi untuk menjaga agar lutut tetap lurus. Bila berlangsung terus menerus akan memicu nyeri lutut,” papar dokter spesialis kedokteran olahraga ini lebih lanjut.

Beda dengan sepatu flat, tumit lebih ‘rata’ dengan lantai, sehingga otot-otot paha tidak perlu bekerja keras mempertahankan kestabilan tubuh sehingga lutut pun tidak terkena dampaknya.

4.Mempertahankan postur tubuh yang baik

Saat kondisi postur membungkuk, tubuh cenderung condong ke depan dan pinggang pun menekuk. Postur ini juga bisa menyebabkan nyeri pada lutut. Jaga postur tubuh tetap tegak agar otot-otot perut dan punggung bagian bawah tetap lurus sehingga dapat membantu mengurangi tekanan yang berlebihan pada lutut. Postur tubuh yang baik ini dapat dilatih dengan melakukan yoga, pilates.

Baca Juga : Lutut Ditekuk Terasa Sakit, Ini Kondisi yang Bisa Menjadi Pemicunya

Kadangkala penderita radang sendi lutut menjadi tidak aktif karena nyerinya. Dokter Monica Maly (University of Waterloo, Canada), walau penanganan nyerinya juga penting namun dianjurkan harus tetap melakukan aktivitas fisik guna menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, aktivitas fisik juga bermanfaat dalam mencegah timbulnya gaya hidup sedentari yang kemungkinan nantinya dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan atau kegemukan. (*berbagai sumber)

Konsultasikan Masalah Nyeri Lutut Via Whatsapp

4 Comments
  1. Balas
    Ery Yanti Simanullang

    Dok saya sudah 2 tahun tidak bisa jongkok. Sendi ngilu dan sangat sakit. Saya sudah 6 bulan pake tongkat. Tidak bisa jalan dengan normal..Saya cek kedokter dan hasilnya positif rematik. Gimana solusinya dok

  2. Balas
    Mardjuki Winarno

    Info yang cukup membantu.
    Terima kasih

  3. Balas
    Dewi Alia

    Terimakasih Infonya Mba biaya suntik di lutut bisa pake BPJS gak

  4. Pingback: Lutut Sakit Saat Ditekuk, Ini Pemicunya » Klinik Patella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now